Saturday, April 27, 2013

Perawatan Kenari untuk Persiapan Lomba

perawatan-kenari-untuk-lomba-pict
Perawatan burung kenari untuk persiapan lomba memerlukan penanganan khusus untuk setiap seekor kenari, karena setiap kenari memiliki perbedaan sifat dan karakter. Hanya saja ada beberapa yg hampir sama (tetapi tetap saja berbeda dalam persiapan/perawatannya).

Cara melakukan perawatan kenari yang akan di lombakan adalah sebagai berikut :


1. Pahami dulu sifat burung tersebut.
2. Tes burung tersebut dengan perawatan harian.
3. Setelah mengetahui hasil uji coba dengan rawatan harian akan di ketahui hasilnya, selanjutnya kita perkiraan apa yg harus di tambah dan yg harus di kurangi (fooding).

Itu untuk dasarnya, setelah itu sedikit banyak kita tahu tentang sifat kenari kita maka yg akan di persiapkan lagi adalah :

1. Ketahui kapan kira2 kenari kita birahi (karena menentukan mental tarung kenari tsb)
2. Meredam birahi kenari tsb apakah dengan menggunakan betina atau dengan sering dimandikan atau di drop dengan pakan.

Nah setelah tahu itu baru saya melakukan untuk harian dan akan lomba :

1. Tiap pagi kenari di semprot ngembun sampai basah (kecuali cuaca mendung atau hujan sebaiknya tidak lakukan)
2. Jemur kenari tsb hingga kering menurut ketahanan tubuh masing-masing kenari (tiap kenari berbeda ketahanan tubuh nya terhadap sinar matahari)
3. Sambil di jemur saya tidak memberikan pakan hanya air saja.
4. Untuk sayuran dan buah saya berikan tiap hari (selada/cai sim dan apel)
5. Untuk telur saya berikan 1 minggu 2x sampai 3x (unutk mencegah gemuk dan mencegah cepat birahi)
6. Hari sabtu,saya tidak menyemprot hingga basah sah,tetapi cukup kena air saja dan di angin2 (tidak di jemur) tapi jng di taruh di tempat yg dingin.Burung di pindah sangkar lomba,menu saya tambah dengan kroto putih sedikit saja dan apel/selada.Dan ada yg di beri CEDE ada yg tidak tergantung burung,bgt juga dengan telur ada yg di beri ada yg tidak.
7. Hari minggu pagi sebelum berangkat lomba, berikan apel/selada dan kroto putih sedikit saja.

Untuk di lapangan :

1. Hemprot kenari tersebut ,untuk kebasahan penyemprotan saya melihat birahi kenari tsb,apabila agak birahi saya semprot agak basah, apabila tidak saya semprot sedikit saja (dan melihat cuaca).
2. Jemur kenari tersebut,lalu angin-anginkan
3. Krodong kenari tersebut.
4. Cabut pakan dan minum kenari sebelum 1/2 season jadwal kenari kita untuk turun ke lomba.
5. Untuk penggantangan lihat sifat kenari,jadi kita bisa tahu apa ini harus di gantang awal atau tengah/akhir. 

sekian yang bisa saya sampaikan. semoga bermanfaat bagi sobat pecinta burung sekalian....

1 comment:

Popular Posts